Selasa, 01 Januari 2013

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM
HUBUNGAN CINTA
paper
Disusun Oleh :
 Mar’atul Hanifah
( 14030111130040 )
PROGRAM STUDI S-I ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK (FISIP)
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG 2011
Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan Cinta
A.     Pengertian Komunikasi, Hubungan dan Cinta
1.      Komunikasi
Suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain, dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala dan mengangkat bahu, yang cara tersebut biasa disebut komunikasi nonverbal.
2.      Hubungan / relationship
Interaksi antara dua orang atau lebih yang memudahkan proses pengenalan satu sama lain. Hubungan terjadi dalam setiap proses kehidupan manusia, dapat dibedakan menjadi hubungan dengan teman sebaya, orangtua, keluarga dan lingkungan sosial. Secara garis besar, hubungan terbagi menjadi hubungan positif dan negatif. Hubungan positif terjadi apabila kedua pihak yang berinteraksi merasa saling diuntungkan satu sama lain dan ditandai dengan adanya timbal balik yang serasi. Sedangkan, hubungan yang negatif terjadi apabila suatu pihak merasa sangat diuntungkan dan pihak yang lain merasa dirugikan. Dalam hal ini, tidak ada keselarasan timbal balik antara pihak yang berinteraksi. Lebih lanjut, hubungan dapat menentukan tingkat kedekatan dan kenyamanan antara pihak yang berinteraksi. Semakin dekat pihak-pihak tersebut, hubungan tersebut akan dibawa kepada tingkatan yang lebih tinggi.
3.      Cinta
Sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi, cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
B.     Arti Penting Komunikasi dalam Sebuah Hubungan
Kita bukanlah makhluk yang bisa membaca pikiran orang lain, jadi segala sesuatunya perlu dibicarakan, baik itu hal yang baik maupun buruk. Terlalu banyak merahasiakan sesuatu atau malah menyembunyikan kesalahan sama saja seperti menanam bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak. Tanda yang cukup jelas jika hubungan sudah akan berakhir adalah apabila pasanganmu sudah mulai jarang berbicara denganmu.
C.     Komunikasi dengan Pasangan
Persatuan dua insan dalam suatu wadah yang disebut keluarga diibaratkan sebagai sebuah perahu layar di tengah lautan. Ombak dan badai atau konflik akibat faktor internal maupun eksternal adalah hal biasa. Agar tidak terombang-ambing tak menentu dan akhirnya karam karena badai tersebut, perahu layar harus mempunyai arah yang jelas.
Karena itu dibutuhkan komunikasi kedua belah pihak untuk berusaha dan bekerja sama menentukan arah agar sampai di pelabuhan tujuan, yakni keluarga yang harmonis. Kemampuan berkomunikasi secara efektif adalah suatu keterampilan, bukan bawaan sejak lahir. Jadi, bisa diasah melalui praktek langsung dengan pasangan.
D.     Tips Berkomunikasi dengan Pasangan
Apapun hubungannya, komunikasi memegang peranan penting bagi kelanggengan hubungan tersebut. Entah berada dalam ikatan kencan baru, tunangan ataukah menikah selama bertahun-tahun, salah satu elemen dasar yang membuat kekokohan hubungan adalah komunikasi. Berikut ini adalah beberapa tips dalam berkomunikasi dengan pasangan :
1.      Tidak mengkritik satu sama lain
Pasangan yang mengkritik, melecehkan dan mempermalukan satu sama lain dapat mengikis kelangsungan hubungan yang mereka bina. Kritik akan merusak pondasi hubungan yang telah dibina dengan baik. Jika salah satu merasa sakit hati, maka kebencian pun tak terhindarkan. Ini adalah pertanda buruk bagi masa depan hubungan.
2.      Tidak bersikap defensif satu sama lain
Sikap membela diri akan memperburuk kondisi hubungan. Lebih banyak mendengar justru dapat dengan aktif mengurangi gangguan tersebut.
3.      Jika memiliki salah paham cobalah untuk mencari jalan tengahnya 
Ketika masalah melanda jangan membenamkan masalah tersebut atau bahkan lari darinya. Cara seperti ini hanya akan membuat hubungan memburuk karena lawan bicara merasa ditinggalkan. Jadi ketimbang lari dari masalah, lebih baik duduk berdua dengan tenang dan mencari jalan tengah dari permasalahan tersebut yang terbaik untuk berdua.
4.      Pahami emosional satu sama lain
Kemarahan kerap mendatangkan rasa sakit dan kekecewaan. Hal ini mungkin terlihat sepele di dengar. Meski demikian, seseorang tak boleh mengacuhkan hal tersebut. Menjaga perasaan masing-masing ketika beradu pendapat sangat penting karena di sinilah pasangan merasa dihargai. Untuk mengatasinya, ambil nafas dalam-dalam untuk menurunkan serangan stres dan amarah. Setelah itu, tanyakan satu sama lain secara perlahan tentang masalah yang menyebabkan silang pendapat. Jika aman untuk dilakukan, dapat dengan memeluk pasangan selama 20 detik penuh agar produksi oksitosin terjaga pasokannya. Dengan demikian, amarah pun dapat diredam.
5.      Menyelesaikan perselisihan secara baik-baik
            Setiap orang sering berpikir bahwa kita memiliki jalan terbaik untuk menyelesaikan suatu masalah, tapi itu hanyalah persepsi kita sendiri. Jika selalu menganggap cara yang telah digunakan adalah yang paling benar, maka hal ini akan sering membuat suatu pasangan berada dalam konflik. Dengarkan pendapat orang lain dan selesaikan secara baik-baik.
6.      Hormati diri sendiri dan pasangan
Manusia tidak bisa mencintai orang lain tanpa menghormatinya. Pertama yang harus dihargai adalah diri sendiri, baru kemudian pasangan.
7.      Berkomitmen dengan hubungan
Komitmen adalah ujian sesungguhnya dari sebuah hubungan. Jika menginginkan hubungan yang baik, quitting will never be your option.
8.      Percaya terhadap pasangan
Kepercayaan adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Tanpa itu, orang akan sering merasa curiga, gelisah dan takut terhadap hubungan dan pasangannya. Tapi pastikan juga pasangannya dapat menjaga kepercayaan dengan baik. Kalau ia mengkhianati, maka ia tidak pantas mendapatkan cinta.
9.      Berikan ruang untuk pasangan
Berikan kesempatan bagi dia untuk bertumbuh, melakukan hobinya dan bergaul dengan teman-temannya. Jangan bersikap posesif dengan menginginkan dirinya selalu terus bersamamu. Memiliki cintanya tidak sama dengan memiliki dirinya.


Daftar Pustaka
Subiyanto, Paulus. Panduan Praktis Komunikasi Suami-Istri, Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar